Powered by Jasper Roberts - Blog

Banyak Hal Baik yang Kamu Dapatkan Jika Gak Mudah Berburuk Sangka Terhadap Sesuatu atau Orang Lain Dalam Hidup Kamu

Unknown 21.28
Apakah kamu orang yang selalu berpikiran negatif pada suatu hal atau orang lain yang ada di dalam kehidupan kamu? Lebih baik kebiasaan kamu yang satu itu cepat-cepat dihilangkan, karena sebenarnya tidak ada yang kamu dapatkan jika selalu berpikir jelek pada orang lain atau suatu hal yang kamu anggap tidak sesuai dengan kebiasaan atau kepribadian kamu. Awali harimu dengan terbiasa berpikiran positif akan suatu hal karena sesungguhnya banyak manfaat yang kamu dapatkan jika selalu positive thinking.



BERPIKIR NEGATIF HANYA AKAN MEMICU EMOSI DAN KEMARAHAN DI DALAM DIRI, SEMENTARA BERPIKIR POSITIF DAPAT MEMBUAT DIRI LEBIH SEMANGAT
Barbara Frederickson seorang peneliti psikologi positif yang berasal dari Universitas Carolina Utara melakukan sebuah penelitian mengenai dampak berpikir positif berpengaruh terhadap kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Penelitian yang dipublikasikan dalam “Jurnal NCBI” menunjukan bahwa berpikir positif sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

APA YANG TERJADI PADA OTAKMU KETIKA KAMU BERPIKIRAN NEGATIF?
Pertama-tama kita jabarkan tentang sebuah contoh kasus yang menjelaskan apa yang terjadi pada otak jika kita selalu berpikiran negatif.Suatu ketika, kamu berada di hutan yang gelap lalu ada seekor singa yang siap memangsamu. Ketika berada di posisi terjepit seperti itu apa yang kamu rasakan dan ingin lakukan? Ya, rasa takut akan melanda seuruh tubuhmu. Pikiran negatif akan memunculkan rasa takut ketika melihat singa yang bersiap menerjangmu lalu tindakan  yang kamu pikirkan, hanyalah lari dan berusaha menghindar sejauh mungkin.
Karena sudah terlanjur takut, kamu tidak memikirkan berbagai pilihan yang bisa dilakukan untuk mempertahankan diri selain hanya berlari saja. Memanjat pohon atau membuat sebuah jebakan tak terpikir olehmu, ini karena emosi negatif menghalangi otak kamu untuk berpikir tentang berbagai kesempatan dan peluang yang ada untuk bisa menyelamatkan diri, pikiranmu hanya terfokus pada rasa takut akan singa tersebut. Alhasil kamu akan kelelahan karena terus berlari, dan kamu dimakan oleh singa tersebut.

APA YANG TERJADI PADA OTAKMU KETIKA KAMU BERPIKIRAN POSITIF?
Menurut riset yang dilakukan oleh Barbara, ketika seseorang berpikiran positif, mereka akan merasakan perasaan bahagia, cinta, dan kepuasan hati. Kamu akan bisa melihat dengan jelas berbagai peluang yang bisa kamu dapatkan dalam kehidupan. Berpikir positif adalah cara sederhana untuk merasa bahagia setiap hari, karenanya banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari pikiran yang positif.Coba bayangkan jika kamu selalu berpikir jelek suatu hal, kamu akan berpikiran buruk terus menerus pada hal yang kamu benci itu meskipun ada sisi positif yang bisa kamu peroleh.
Misalnya, kamu mempunyai mempunyai gadget warna putih, sedangkan kamu menyukai warna hitam. Kamu pasti akan berpikir warna hitam itu adalah yang  terbaik, dan warna putih punya banyak kekurangan dari segi layar, bentuk, fungsi, dan sebagainya. Padahal baik gadget warna hitam maupun putih sama-sama memiliki fungsi yang sama, bentuk fisik yang sama, dan harga pun sama.
BERPIKIRAN POSITIF SETIAP HARI MEMBANTU KITA MELAKUKAN TINDAKAN YANG BENAR
Selalu memiliki pikiran positif akan suatu hal dapat mencegah kamu melakukan tindakan yang ceroboh yang akan kamu sesali di kemudian hari. Ketika kamu memutuskan suatu tindakan dengan perasaan marah, kamu tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan karena kamu tidak berpikir jernih dan cenderung terburu-buru.Berbeda dengan ketika kamu memutuskan suatu hal dengan pikiran yang baik dan terbuka, kamu punya kesempatan melakukan survei, bertanya mengenai pendapat orang lain, dan dapat menyimpulkan dengan baik sehingga kamu mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.
BERPIKIR POSITIF MEMBUAT KAMU MENJADI LEBIH FOKUS SAAT MENGERJAKAN SESUATU
Pikiran yang positif diperlukan dalam berbagai hal, termasuk ketika kamu membutuhkan fokus yang tinggi saat mengerjakan sesuatu. Bayangkan saja, ketika kamu dibayang-bayangi deadline namun kamu sudah panik duluan lalu berpikir menyelesaikannya tepat pada tenggat waktu yang ditentukan.
Bukannya cepat selesai, malah jadi terhambat karena sibuk memikirkan hal yang jelek, yang berujung tidak ada tindakan. Waktu dan kesempatan yang kamu miliki akan terbuang percuma. Kejadian ini tidak akan kamu alami jika kamu berpikir positif dan terus termotivasi mengerjakannya sampai selesai.
BANYAK BERPIKIR POSITIF MEMBUAT KAMU LEBIH BERANI MENGAMBIL RISIKO
Ketakutan berasal dari pikiran yang negatif. Sama halnya seperti contoh kasus singa yang sudah dijabarkan di atas. Ketika kamu sudah dilanda rasa takut, pikiran kamu akan tertutup untuk melihat peluang yang ada.Dengan berpikir positif, kamu akan jadi lebih berani melakukan tindakan dan menerima risiko apapun yang akan terjadi nantinya. Kamu tidak takut akan kegagalan dan siap bangkit jika ada yang membuatmu jatuh. Kamu menjadi seorang pemberani dan bukan seorang pengecut yang hanya mengandalkan bantuan dari orang lain.
KAMU AKAN LEBIH CEPAT MERAIH SEMUA IMPIAN KAMU
Pikirkan saja, jika saat ini kamu masih di diam di tempat karena takut merasa gagal. Kamu tidak akan bergerak kemana-mana dan alhasil mimpi hanya sekedar mimpi tanpa adanya action. Tindakan diperlukan untuk dapat meraih mimpi yang sedari dulu sudah kamu mimpikan sejak lama. tindakan positif berawal dari pikiran yang baik.Kamu tidak akan melangkah kemanapun jika awalnya saja sudah berpikiran malas, berpikiran segala hal sulit dilakukan, merasa tidak sanggup mengerjakan suatu hal, dan segala pikiran jelek lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »